Panduan Tips Pergi Liburan Ke Lombok

Lombok adalah sebuah pulau di Provinsi Nusa Tenggara Barat Indonesia. Lombok adalah bagian dari rantai Kepulauan Sunda, dengan Selat Lombok yang memisahkannya dari Bali ke arah barat, Selat Alas di antaranya, dan Sumbawa di sebelah timur.

 

Pulau Lombok mungkin tidak banyak digembar-gemborkan sebagaimana tetangganya Pulau Bali. Namun banyak orang Indonesia lebih suka berlibur di Lombok dibandingkan Bali karena alasan-alasan tertentu.

Harga kamar hotel, makanan dan atraksi hiburan sering kali lebih murah, dan tempat-tempat indah di pulau ini masih belum banyak disentuh oleh perkembangan komersial seperti villa, bar, toko souvenir yang banyak tersebar di Bali, dan keamanan di Lombok cukup terjaga.

Arrow Down
Panduan Tips Pergi Liburan Ke Lombok.jpg

Lama dibayangi oleh tetangganya, di Lombok para wisatawan menemukan sesuatu yang berbeda dari Bali. Dianugerahi pantai indah berpasir putih, ombak epik, interior hutan yang subur, dan jalur pendakian melalui ladang tembakau dan lading padi, Lombok penuh dengan daya pikat equatorial.

Anda bisa melihat kemegahan Gunung Rinjani, gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia, puncaknya lengkap dengan air panas dan danau kawah yang memukau. Di tempat ini, pulau disebut Gili dalam bahasa Sasak. Gili yang populer di kalangan turis adalah Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air.

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Lombok

Wilayah Utama Lombok

  • Mataram – Ibukota provinsi Nusa Tenggara Barat dan kota terbesar di Pulau Lombok.

  • Kuta – Tempat berselancar senama Bali. Kuta adalah sebuah kota pantai di selatan pulau Lombok, Indonesia. Pemandangannya spektakuler, dengan tebing dan pegunungan yang menjulang dari pantai, sebuah inspirasi pemandangan yang menakjubkan. Pantai ini merupakan beberapa yang terbaik di dunia, dengan pasir putih bersih dan warna transparan biru-hijau di dalam air. Kuta terkenal sebagai salah satu tempat berselancar terbaik di dunia, tentunya membuat banyak didatangi para peselancar.

  • Praya – Kota kedua di Lombok dan lokasi dekat bandara internasional, Bandara Internasional Lombok.

  • Selong – Ibukota Kabupaten Lombok Timur

  • Senggigi – Pulau tujuan wisata dengan berbagai hotel, resor dan vila. Termasuk kota Senggigi.

  • Tanjung – kota kecil di barat laut, ibukota administratif Kabupaten Lombok Utara, terletak di kaki lereng Gunung Rinjani, dua semenanjung yang dekat dengan Medana dan Sire ini merupakan tempat terbaik bagi beberapa resor dan vila mewah yang ada di pulau ini.

Sejarah Daerah Lombok

Sejarah Lombok dimulai dengan sekelompok petani animisme disebut kaum Sasak, yang menciptakan sebuah kerajaan kecil kira-kira sebelum abad ke-17.

Kaum Sasak mengukir keberadaanya di Lombok jauh sebelum sebagian besar kelompok etnis lainnya di Indonesia menetap di 13.000 pulau di nusantara. Kaum Sasak diyakini bermigrasi dari Burma atau laut India, beberapa peninggalan arkeologi membuktikan teori ini.

Pada tahun-tahun awal, Lombok terdiri dari berbagai kelompok suku, masing-masing diperintah oleh seorang pangeran berdarah Sasak. Pertempuran kerap terjadi antar klan, di mana pangeran dari pulau tetangga Bali sering dimanfaatkan demi keuntungan mereka saat hendak menaklukkan pulau.

Bali memerintah Lombok mulai tengah tahun 1700-an hingga 1890an, sampai ketika Belanda tiba di tempat ini dan mendukung Suku Sasak pribumi. Bali diusir setelah serangkaian perkelahian berdarah dan Lombok menjadi bagian dari kelompok pulau-pulau yang dikenal sebagai Kepulauan Sunda.

Pajak besar dan kuat dikenakan oleh Belanda membuat sebagian besar petani Lombok jatuh ke dalam kemiskinan kemudian membuka pintu bagi pengusaha China untuk mengeksploitasi kekosongan ekonomi.